Hidup Sehat Faedah Diet Puasa untuk Turunkan Berat Tubuh Diet puasa adalah arti implikasi skema makan dengan mengendalikan siklus di antara periode puasa serta waktu makan. Diet puasa ini tidak mengutamakan mengenai makanan apakah yang Anda makan, tetapi semakin mengutamakan di saat atau kapan waktunya Anda makan. 

Di Indonesia, puasa erat dengan ritual keagamaan. Tetapi sebetulnya puasa dikenal juga untuk salah satunya tipe skema makan yang disarankan di dunia kesehatan. Diet puasa (intermittent fasting) mempunyai banyak faedah, seperti turunkan berat tubuh, melakukan perbaikan kesehatan badan serta jadi sisi dari pola hidup sehat.

Tutorial Jalani Diet Puasa Jalani diet puasa mempunyai banyak versus yang lain. Praktik puasa biasanya ialah di hari spesifik harus kurangi kalori dengan cara mencolok.

Diet puasa mempunyai beberapa cara tidak sama. Berikut beberapa cara diet puasa yang sangat terkenal:
Cara diet 5:2

Cara ini Anda dapat lakukan dengan pilih 5 hari makan normal dalam satu minggu, sesaat dalam dua hari yang lain Anda cuma makan 500-600 kalori. Tidak dianjurkan untuk pilih dua hari beruntun untuk batasi makan atau puasa. Contoh yang disarankan, Anda dapat pilih puasa pada hari Senin serta Kamis, bekasnya Anda bebas makan seperti umumnya di 5 hari yang lain, selama tidak terlalu berlebih. Masih cocokkan bagian makan dengan keperluan kalori harian.

Cara 16/8

Cara ini Anda dapat lakukan dengan 8 jam makan normal /hari, sesaat dalam 16 jam selanjutnya Anda harus puasa dengan tidak makan. Misalnya, kamu dapat stop makan semenjak jam 8 malam, lalu mulai makan lagi jam 12 keesokannya di kantor berbekal yang kamu sediakan dari rumah.

Cara Eat-Stop-Eat

Cara ini dapat Anda lakukan dengan berpuasa semasa 24 jam semasa satu atau 2x dalam satu minggu. Mirip contoh, Anda berpuasa tidak makan di hari Senin semasa 24 jam, selanjutnya di hari Selasa serta Rabu Anda makan seperti umumnya, lalu di hari kamis Anda dapat berpuasa lagi semasa 24 jam.

Puasa yang dilaksanakan terkait dengan ritual agama, tentu saja mempunyai ketentuan tertentu. Tetapi, diet puasa biasanya masih membolehkan Anda minum cairan tanpa ada kalori seperti air putih, kopi, atau teh (tanpa ada penambahan susu, cream, atau gula) untuk menolong kurangi rasa lapar. Karena, pada diet puasa yang dikurangi ialah konsumsi kalori, khususnya dari makanan. Dengan jalani cara diet puasa ini, riset memperlihatkan ada bukti pengurangan berat tubuh yang efisien.

Situasi Seorang yang Tidak Diperbolehkan Diet Puasa Tidak kesemua orang dapat jalankan diet puasa, khususnya sebab situasi kesehatan. Salah satunya situasi yang tidak dianjurkan diet puasa ialah seorang yang kekurangan berat tubuh atau mempunyai kisah masalah makan.

Disamping itu, situasi lain yang tidak diperbolehkan untuk diet puasa salah satunya:

Menderita diabetes atau masalah proses gula darah.

Mempunyai tekanan darah rendah.

Sedang hamil atau menyusui.

Sedang konsumsi obat.

Wanita yang mempunyai masalah menstruasi.

Diet puasa pun tidak diperbolehkan untuk wanita yang sedang mempunyai permasalahan dengan kesuburan atau sedang coba program hamil.

Salah satunya yang penting diingat dari diet puasa ialah makanan yang dikonsumsi sesudah buka puasa. Banyak yang pilih makanan tinggi lemak atau tinggi kalori, sebab menganggap tidak harus batasi tipe makanan di saat sedang tidak puasa. Walau sebenarnya konsep kesuksesan diet ini sebetulnya sama juga dengan tipe diet untuk turunkan berat tubuh yang lain, yaitu defisit kalori. Berarti Anda perlu mengendalikan supaya konsumsi kalori semakin sedikit dari jumlah kalori yang dibakar.

Jalankan diet puasa seharusnya lewat diskusi sama dokter terlebih dulu, terlebih bila Anda mempunyai situasi kesehatan spesial. Ini penting supaya dokter bisa memberi panduan untuk lakukan diet puasa yang aman, serta info tentang pilihan makanan yang pas.